Wednesday, July 31, 2024

Echo|Talk #14 Summary

Alhamdulillah, acara ECHO|TALK yang ke #14 telah sukses di laksanakan pada hari jumat, tanggal 26 Juli 2024 di kantor Tiket.com. Untuk dokumentasi foto dan materi presentasi bisa di unduh disini.

Tema yang dibahas kali ini adalah "Indonesia Darurat Malware?

dengan moderator: Digit Oktavianto (Blue Team Expert)

dan Panelis: 

  1. Adi Nugroho (BSSN CSIRT)
  2. y3dips (Founder echo.or.id)
  3. Denny Nugraha (Security Manager tiket.com)
  4. Rahmat Nur Fauzi (Threat Intel Expert)


Acara dibuka dengan sambutan dari Irvan Bastian Arief, PhD sebagai perwakilan tiket.com kemudian di lanjutkan sambutan dari  ECHO yaitu K-159 yang sekaligus merupakan initiator dan juga organizer setiap event #ECHO|TALK khususnya yang dilakukan secara luring. Kemudian Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi panel yang dibuka oleh moderator kebanggaan kita Digit Oktavianto, kemudian sedikit pemaparan terkait ransomware oleh Adi Nugroho (slidenya bisa di unduh disini) untuk memulai diskusi, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terkait beberapa hal, seperti kontribusi komunitas terhadap permasalahan darurat malware ini yang di bahas oleh y3dips, kemudian dilanjutkan dengan apa yang bisa dan telah dilakukan pemerintah oleh Adi Nugroho.

Untuk di sisi industri disampaikan oleh Rahmat Nur Fauzi khususnya terkait tren serangan dan bidang industri yang paling terdampak dari ransomware, sedangkan perwakilan dari tiket.com, Denny Nugraha menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan di tiket.com.


Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari moderator dan juga dari peserta yang beragam, mulai dari pertanyaan dasar terkait phishing yang di terima di mobile phone seperti "undangan.apk", bagaimana melindungi lansia dari serangan social-engineering, sampai kepada bagaimana mempergunakan Artificial Intelegence untuk memerangi ransomware (yang menurut penanya apakah malah mungkin bisa menjadi bumerang nantinya)

Memang yang paling menarik pada diskusi panel dan sesi tanya-jawab #ECHO|TALK ini bahkan hampir tidak lagi membahas terkait kasus PDNS, hal ini mungkin dikarenakan sudah terlalu banyak diskusi, sharing, dan talkshow terkait ini dari sisi teknis sampai politis baik di media sosial atau media mainstream  tetapi terlihat pertanyaan-pertanyaan dari peserta malah lebih beragam dan mind-blowing :).

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian doorprice dari tiket.com dan juga kaos "BSOD" dan "ransomware" dari Rahmat Nur Fauzi, lalu di tutup dengan kegiatan foto bersama.


Dan dengan berakhirnya acara ini kami ucapkan terima kasih untuk seluruh peserta yang sudah hadir beserta antusiasmenya, dan juga terima kasih kami ucapkan kepada tiket.com dan para narasumber yang telah mendukung kegiatan-kegiatan Echo, serta teman-teman para pungawa komunitas hacker di Indonesia yang aktif diawal tahun 2000-an yang sudah bisa hadir dan tidak bisa kami sebutkan satu-persatu, "it was a fun reunion though ;)".

Sampai jumpa di acara-acara ECHO dan komunitas keamanan siber lainnya \o/.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.